Minggu, 13 Mei 2012

Bab IV

,
                     Bab4 
Program INHERITANCE

Pengertian
inheritance (penurunan sifat / pewarisan), ini merupakan ciri khas dari OOP yang tidak terdapat pada pemrograman prosedural gaya lama. Dalam hal ini, inheritance bertujuan membentuk obyek baru yang memiliki sifat sama atau mirip dengan obyek yang sudah ada sebelumnya (pewarisan). Obyek turunan dapat digunakan membetuk obyek turunan lagi dan seterusnya. Setiap perubahan pada obyek induk, juga akan mengubah obyek turunannya. Susunan obyek induk dengan obyek turunannya disebut dengan hirarki obyek.
Keuntungan Inheritance:
“Saat anda ingin membuat class baru, dan ternyata pada class lain telah ada code yang ingin anda gunakan, maka anda tinggal meng-extend class lain tersebut.”



Bahasa Program C# 
 using System;
namespace inherit
{
       class hewan
       {
             private string nama;
             private string tipe;
             public void satu(string name)
               {
                 this.nama = name;
               }
             public void dua(string jenis)
               {
                 this.tipe = jenis;
               }
             public string getnama()
               {
                 return (nama);
               }
             public string gettipe()
               {
                 return (tipe);
               }        
           }
         class animal : hewan
         {
             private string color;
             
             public void setwarna(string warna)
               {
                color = warna;
               }
             public string getwarna()
               {
                 return (color);
               }
             public void tampil()
               {
                 Console.WriteLine("Nama Hewan    = "+getnama());
                 Console.WriteLine("Jenis         = "+gettipe());
                 Console.WriteLine("Warna         = "+getwarna());
               }
           }
       class Program
      
              public static void Main(string[] args)
              {
                     animal a = new animal();
                     a.satu("Hamster");
                     a.dua("blue read ice");
                     a.setwarna("abu-abu");
                     a.tampil();
      
                     Console.Write("Press any key to continue . . . ");
                     Console.ReadKey(true);
              }
       }
}

Bahasa Program  java

package inher;
class hewan
{
             private String nama;
             private String tipe;
             public void satu(String name)
               {
                 this.nama = name;
               }
             public void dua(String jenis)
               {
                 this.tipe = jenis;
               }
             public String getnama()
               {
                 return (nama);
               }
             public String gettipe()
               {
                 return (tipe);
               }       
           }
         class animal extends hewan
         {
             private String color;
   
             public void setwarna(String warna)
             {
                color = warna;
             }
             public String getwarna()
             {
                 return (color);
             }
             public void tampil()
             {
                 System.out.println("Nama Hewan    = "+getnama());
                 System.out.println("Jenis         = "+gettipe());
                 System.out.println("Warna         = "+getwarna());
             }
         }
public class Main {
    public static void main(String[] args) {
        animal a = new animal();
        a.satu("Hamster");
        a.dua("blue read ice");
        a.setwarna("abu-abu");
        a.tampil();  
    }
}

Bahasa Program C++

#include <iostream>

using namespace std;

class hewan
{
    private: string nama;
    private :string tipe;
    public :void satu(string name)
    {
        nama = name;
    }
    public: void dua(string jenis)
    {
        tipe = jenis;
    }
    public :string getnama()
    {
        return (nama);
    }
    public :string gettipe()
    {
        return (tipe);
    }
};
    class animal : public hewan
    {
        private: string color;

        public: void setwarna(string warna)
        {
            color = warna;
        }
        public: string getwarna()
        {
            return (color);
        }
        public :void tampil()
        {
            cout<<endl<<"Nama Hewan    = "+getnama();
            cout<<endl<<"Jenis         = "+gettipe();
            cout<<endl<<"Warna         = "+getwarna();
        }
    };
int main()
{
    animal a;
    a.satu("Hamster");
    a.dua("blue read ice");
    a.setwarna("abu-abu");
    a.tampil();
    return 0;
}
 

0 komentar to “Bab IV”

Posting Komentar