Menu Kuliah

,

Bab 1

KELAS, METHOD, DAN MODIFIER

     Apapun kode program yang diimplementasikan di java,c#,c++ harus dikapsulkan ke dalam bentuk kelas (class). Sebuah kelas akan mendefinisikan satu objek atau sekumpulan objek sama sifat dan perilakunya. Ada dua kelompok kelas, yaitu kelas standard dan kelas yang didefinisikan sendiri.
Kumpulan dari method / kelas standard dalam java dikenal dengan API (Application Programming Interface).
Pengertian Kelas
Kelas merupakan sarana pengkapsulan kumpulan data dan kumpulan method.Kumpulan data dan method tersebut berwujud baris-baris program .
Kumpulan method berfungsi untuk mengoperasikan kumpulan data dalam kelas tersebut. Kelas digunakan untuk membuat objek, dan berperan sebagai tipe data dari objek.

Membuat Class dan Obyek
* Dibentuk sebuah Class yang merupakan interface (bentuk) dari obyek yang akan dibuat
* Setelah Class didefinisikan, maka Obyek dapat dideklarasikan sebagai bentuk dari Class tsb
   (instance of a class)

Diagram Class :
MyClass
                 -var1 : int
                 -var2 : double
                 -var3 : String
       +metoda1() : void
       +metoda2() : int

Deklarasi Class :
public class MyClass {
//Deklarasi Anggota Kelas(member)
int var1;
double var2;
String var3;
void metoda1 (parameter…) {

}
int metoda2 (parameter…) {

}
}


Pengertian Method
Method merupakan tingkah laku dari suatu objek, jika bersifat static berarti tingkah laku semua objek dalam kelas tersebut. Method diletakkan di dalam classbody (sebaiknya tidak diletakkan dalam method lain).
Bentuk umum :
[modifier] tipe_return_value namaMethod(tipe parameter) {
methodbody;
}
- Modifier boleh lebih dari satu (dipisah oleh spasi).
- Method dpt tdk mempunyai nilai balik, disebut sebagai void, atau mempunyai nilai balik berupa tipe
   primitive Java atau class.
- Pasangan tipe dan parameter dapat lebih dari satu (dipisah oleh koma).

Deklarasi Method :
public void f1() {
System.out.println(”Fungsi f1”);
}
public int f2() {
return 300;
}
public String f3() {
return ”Hallo Apa Khabar”;
}
f1 menjalankan routine untuk mencetak string
f2 memberikan nilai balik berupa tipe integer
f3 memberikan nilai balik berupa String

Program class,method dan modifier
Bahasa Program C#  class , method
using System;
namespace post_1
{
class program
{
private int harga,jumlahBaju;
public void bayar()
{
//method
Console.Write("Masukkan jumlah baju : ");
jumlahBaju = Convert.ToInt32(Console.ReadLine ());
const int hargaBaju=50000;
Console.Write("total pembayaran baju : ");
harga=Convert.ToInt32(hargaBaju*jumlahBaju);
}
public void tampil()
{
//method
Console.WriteLine(harga);
}
public static void Main(string[] args)
{
//method
program Pembayaran=new program();
Pembayaran.bayar();
Pembayaran.tampil();
Console.WriteLine();
Console.Write("Press any key to continue . . . ");
Console.ReadKey(true);
}
}
}

Bahasa Program Java class , method
package java_class;

import java.util.Scanner;
class pembayaran
{
public static void bayar()
{
Scanner masuk = new Scanner(System.in);
int jumlahbaju;
System.out.print("masukkan jumlah baju :  ");
jumlahbaju =  masuk.nextInt();
int pembayaran = jumlahbaju * 50000;
System.out.println("Total pembayaran seluru baju : "+pembayaran);
}
public static void tampil()
{
pembayaran.bayar();
}
}
public class Main {
public static void main(String[] args)
{
pembayaran.tampil();
}
}

Bahasa Program C++ class , method
using namespace std;
class nama
{
private: int baju;
private: int pembayaran;
public: void bayar()
{
cout<<"masukkan jumlah baju : ";
cin>>baju ;
pembayaran = baju * 50000;
cout<<"total pembayaran baju : "<<pembayaran<<endl;
}
};
int main()
{
nama a;
a.bayar();
return 0;
} 

Pengertian Modifier
Modifier untuk menentukan hubungan suatu unsur kelas dengan unsur kelas lainnya, contohnya hubungan kepemilikan antara kelas dan objek.
Modifier Akses :
1. public,
2. protected,
3. default,
4. private
Bahasa Program C# Modifier
 using System;
namespace modifierbaru
{
   class Manusia
   {
       private String nama;
       private String jeniskelamin;
       public void setNama(String nama)
       {
              this.nama=nama;    
       }
       //modifier
       public void setJenkel(String jeniskelamin)
       {
              this.jeniskelamin =jeniskelamin;
       }
       public void cetak()
       {
              Console.WriteLine("Nama : "+nama);
              Console.WriteLine("Jenis Kelamin : "+jeniskelamin);
       }
   }
     
   public class main
   {
       public static void Main(string[] args)
       {
              Manusia m = new Manusia();
              m.setNama("Rizki Adi S");
              m.setJenkel("Laki-Laki");
              m.cetak();

              Console.Write("Press any key to continue . . . ");
              Console.ReadKey(true);          
       }
    }
}
 
Bahasa Program Java Modifier
package javamodifier;
class Manusia
{
    private String nama;
    private String jenkelamin;
    public void setNama(String nama){
    this.nama=nama;
    }
    public void setJenkel(String jenkel){
    this.jenkelamin=jenkelamin;
    }
    public void cetak(){
    System.out.println("Nama : "+nama);
    System.out.println("Jenis Kelamin : "+jenkelamin);
  }
}
public class Main {
    public static void main(String[] args) {
        Manusia m = new Manusia();
        m.setNama("Rizki Adi Satriya");
        m.setJenkel("Laki-Laki");
        m.cetak();
    }
}

Bahasa Program C++ Modifier
using namespace std;

class manusia
{
    private: string nama;
    private: string jenkelamin;
    public :void setNama(string namaA){
    nama=namaA;
    }
    public: void setJenkel(string jenkelB){
    jenkelamin=jenkelB;
    }
    public: void cetak(){
    cout<<"Nama : "+nama<<endl;
    cout<<"Jenis Kelamin : "+jenkelamin;
  }
};
    int main()
    {
        manusia m;
        m.setNama("Rizki Adi Satriya");
        m.setJenkel()()("Laki-Laki");
        m.cetak();
        return 0;
    }




BAB II
INFORMATION HIDING, ENCAPSULATION

Latar Belakang Encapsulation
Vendor perangkat lunak computer merahasiakan source code produknya, user hanya diberitahu melalui manual cara menggunakan produknya. Programmer java pun tidak perlu mengetahui bagaimana rinci source code dari modul interface referensi (API), programmer hanya perlu tahu return value dan parameter milik method-methodnya, atau hanya perlu tahu parameter milik constructorconstructornya.
Information Hiding dan Encapsulation
Information Hiding adalah menyembunyikan attribute dan method suatu objek
dari objek lain.
Encapsulation adalah menyembunyikan atribute suatu objek dari
objek lain. Attribute maupun method disembunyikan dengan cara memberikan
modifier private.

0 komentar to “Menu Kuliah”

Posting Komentar